Cara mencegah munculnya komedo

Cara mencegah munculnya komedo pada wajah melalui bentuk perawatan harian terhadap wajah anda, cara mencegah munculnya komedo pada daerah sekitar hidung, dagu serta pipi dengan mudah yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Dalam melakukan pencegahan terhadap munculnya komedo ini tentunya perlu anda perhatikan dimana dengan munculnya komedo pada wajah tersebut tentunya amat mengganggu penampilan anda sehari-hari.

Masalah komedo tidak bisa tuntas dengan melakukan pengangkatan secara langsung, malah dengan melakukan kegiatan mengangkat komedo secara paksa akan menimbulkan masalah baru bagi wajah anda. Terjadinya pembesaran pori-pori wajah bahkan terjadinya infeksi juga dapat muncul ketika anda menghilangkan komedo dengan mengeluarkannya secara paksa. Untuk mencegah munculnya komedo pada wajah selain dengan mengangkat komedo anda juga perlu memperhatikan akan bagaimana cara menjaga dan merawat wajah agar komedo tidak muncul lagi pada wajah anda.

Jadi dengan kata lain mengangkat komedo saja tidaklah cukup jika tidak diimbangi dengan bagaimana cara anda melakukan perawatan terhadap wajah agar terhindar dari masalah komedo yang membandel. Berikut ini beberapa tips bagi anda yang dapat diterapkan sebagai cara mencegah munculnya komedo pada wajah anda.

Dalam melakukan pembersihan wajah usahakanlah sedikitnya melakukan pembersihan wajah dua kali dalam sehari dengan menggunakan foam bagi wajah anda. Hindari penggunaan foam yang memiliki kandungan minyak untuk mencegah kelebihan minyak pada wajah anda. Pada umumnya komedo bermunculan disebabkan kelebihan pada minyak yang terdapat pada wajah dan bercampur dengan kotoran ataupun debu bahkan melalui make up anda. bercampurnya materi tersebut tentunya jika terikat dengan minyak pada wajah akan berlanjut kepada terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah lalu mengeras. Proses inilah yang untuk kemudian keluar dari permukaan wajah dalam bentuk butiran halus yang dinamakan dengan komedo.

Melakukan proses pencucian wajah setidaknya dua kali dalam sehari dengan menggunakan foam untuk wajah bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih serta mengeluarkan komedo pada area wajah anda. Jika foam yang anda gunakan memiliki butiran halus atau scrub, sebaiknya proses pencucian wajah anda lakukan dengan sangat hati-hati ataupun dapat dilakukan secara perlahan saja sambil memijat wajah anda namun tidak bertujuan untuk menekan komedo keluar secara paksa. Menggosokan wajah anda dengan scrub secara kasar ataupun kuat akan menyebabkan kulit wajah menjadi kering sehingga tubuh akan memproduksi minyak secara berlebihan untuk melembabkan wajah yang mengering tersebut.

Untuk mencegah munculnya komedo anda juga dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang mudah didapat dan dapat dijadikan sebagai masker alami untuk wajah yang memiliki komedo. Masker jeruk nipis ataupun masker lemon tentunya dapat anda jadikan sebagai masker alami yang dikenakan pada malam hari untuk mencegah munculnya komedo pada wajah anda.

Selain menggunakan masker alami dari jeruk nipis ataupun lemon tadi, anda juga dapat memanfaatkan bahan alami lainnya yang bertujuan mencegah terjadinya iritasi pada kulit wajah yang disebabkan oleh komedo. Madu dapat pula anda jadikan sebagai masker alami untuk wajah ataupun dapat anda campurkan pada masker jeruk nipis tadi untuk menghindari terjadinya iritasi wajah dan mengembalikan pori-pori wajah anda dalam kondisi normal.

Untuk mencegah munculnya komedo ini sebaiknya janganlah anda terlalu sering menyentuh wajah anda dengan tangan. Kondisi tangan yang tanpa kita sadari terdapat kotoran bisa saja menjadi media penghantar kotoran ataupun debu sehingga melekat pada wajah anda dan menyebabkan munculnya komedo pada wajah.

Demikianlah beberapa langkah mudah dan sederhana yang perlu anda perhatikan dalam melakukan cara mencegah munculnya komedo pada wajah anda, semoga bermanfaat.

back to top