Cara mengatasi nyeri haid

Cara mengatasi nyeri haid dengan mudah, cara mengatasi nyeri haid dengan melakukan beberapa hal yang dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena haid. Tentunya masalah nyeri haid yang kerap kali muncul seperti, kram pada perut, rasa mual, muntah, demam, kondisi tubuh menjadi kurang fit serta rasa pegal-pegal diseluruh tubuh akan semakin terasa. Rasa sakit dan nyeri yang muncul ketika datang bulan inilah yang dapat menyebabkan anda merasa terganggu dalam melakukan aktifitas harian. Tak jarang dengan rasa nyeri yang muncul ketika haid ini menjadi salah satu penghambat dalam kegiatan anda.

Untuk dapat mengurangi dan mengatasi rasa nyeri ketika haid ini supaya tidak mengganggu pekerjaan ataupun segala macam aktifitas harian anda berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri haid yang perlu anda lakukan agar semua kegiatan anda dapat berjalan sesuai dengan yang telah anda jadwalkan.

Cobalah untuk minuman air hangat
Sebagian besar kaum wanita mencoba melakukan hal ini sebagai langkah awal untuk mengatasi rasa nyeri
ketika datang bulan. Minum air hangat ataupun sup bening hangat tentunya mampu mengurangi rasa nyeri dibagian perut anda. minuman jahe hangat ketika rasa nyeri haid itu muncul dapat membantu anda untuk menguranginya.

Kompres Perut
Selain membantu mengurangi rasa nyeri dengan minum minuman hangat anda juga dapat mengurangi rasa nyeri ketika haid ini dengan mengompres perut anda dengan menggunakan air hangat. Celupkan handuk pada air hangat lalu peras dan cukup tempelkan pada bagian perut yang terasa nyeri tersebut. diamkan handuk yang menempel tersebut hingga beberapa saat atau hingga rasa hangatnya hilang. Lakukan kembali langkah tersebut untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul, selain itu anda juga dapat melakukan pijatan kecil ketika perut tersebut sedang anda kompres.

Berbaring
Cobalah untuk berbaring pada tempat tidur ataupun sofa, melakukan cara ini dapat pula mengurangi rasa nyeri yang anda alami ketika haid, terlebih lagi jika rasa nyeri juga terjadi bukan hanya pada bagian perut saja namun juga rasa nyeri muncul pada bagian punggung ketika haid. Beri penyangga pada bagian lutut dengan menggunakan bantal, cobalah untuk memejamkan mata, atur nafas anda tarik napas panjang lalu buang dengan perlahan. Anda dapat melakukan hal ini secara terus menerus hingga rasa nyeri ketika haid menjadi berkurang.

Pijatan Lembut
Lakukanlah pijatan lembut dan juga ringan pada perut bagian bawah agar dapat mengurangi rasa nyeri ketika haid. Hindari meremas perut anda sebaiknya lakukan pijatan ringan, disamping mampu mengurangi rasa nyeri haid dengan pijatan ringan ini dapat pula menghilangkan rasa kram pada bagian perut anda.

Minum Jamu
Sumber daya alam Indonesia tentunya menjadi sumber obat alami yang dapat dengan mudahnya anda temukan. Bentuk jamu misalnya, anda dapat pula mengkonsumsi jamu untuk meringankan rasa nyeri ketika haid. Selain itu anda dapat pula memanfaatkan bahan alami seperti kunyit dan asam jawa. Perpaduan dua bahan alami ini sangat ampuh sekali untuk mengusir rasa nyeri ketika haid. Mengonsumsi kunyit asam dapat pula melancarkan menstruasi anda dan tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat serta prima.

Olahraga Ringan
Disaat menstruasi tentunya tubuh akan terasa kurang fit, dengan melakukan olahraga ringan tentunya dapat membantu anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Melakukan olahraga ringan disaat datang bulan seperti berjalan bahkan senam ini tentunya dapat mengurangi rasa nyeri dan juga membuat aliran darah menjadi lancar sehingga dapat menjadikan tubuh anda terasa segar bugar.

Konsultasi ke Dokter
Ada baiknya jika cara tersebut diatas masih belum dapat membantu anda dalam mengurangi rasa nyeri ketika haid, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter apakah ada gangguan lain terhadap organ repdroduksi anda untuk lebih memastikannya. Dengan berkonsultasi tentunya anda tidak akan merasa khawatir jika rasa nyeri yang muncul ketika haid tersebut masih tergolong normal.

back to top